Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI disingkat LPPM Unindra merupakan unsur pelaksana akademik yang bertugas merencanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam lingkungan UNINDRA serta ikut mengusahakan dan mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan.

      Kegiatan-kegiatan penelitian yang dikoordinasikan oleh LPPM dapat berupa penelitian mandiri, penelitian bersama, penulisan karya ilmiah, seminar, penerbitan majalah ilmiah dan sebagainya. sedangkan kegiatan-kegiatan pengabdian pada masyarakat dapat berupa: penyuluhan, pelayanan dan bantuan kepada masyarakat yang bersifat lintas disiplin/program studi.

Ada 6 (enam) pusat di bawah koordinasi LPPM yaitu :

  1. Pusat Penelitian Bidang Sosial Ekonomi.
  2. Pusat Penelitian Bidang Teknik dan MIPA.
  3. Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni.
  4. Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (Puskanomi).
  5. Pusat Kajian Pembelajaran Matematika.
  6. Pusat Kajian Lingkungan Hidup.

Visi dan Misi


Visi menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang berperan aktif, peduli, mandiri, kreatif dan inovatif dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang berberahlak dan bermanfaat bagi pengembangan dunia pendidikan di Indonesia.

 

Misi

  1. Mengkoordinasikan kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Unindra untuk menghasilkan kepakaran/expertise dan keunggulan/excellent di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  2. Memaksimalkan peran sivitas akademi dalam pengembangan penelitian di masyarakat melalui ketersediaan informasi dan publikasi hasil-hasil penelitian.
  3. Menyelenggarakan berbagai program pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan sumber daya profesional di bidang penelitian.
  4. Mengembangkan, mengkomersialkan dan mengupayakan perlindungan terhadap hasil penelitian dan pengabdian kepada masyrakat sivitas akademika Universitas Indraprasta PGRI.
  5. Menggalang sumber dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan menciptakan jejaring kerjasama internal dan eksternal.
  6. Mengembangkan "knowledge management" hasil penelitian dan pengabdian kepada masyrakat, untuk membuka jembatan antara sivitas akademika Unindra dan masyarakat.

      Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berperan aktif dalam pembangunan pendidikan nasional melalui pengembangan sumber daya manusia profesional yan berwatak: mandiri dan kreatif serta adaptif dengan perkembangan global. Tujuan dan Sasaran penelitian diarahkan pada hal-hal berikut:

Tujuan

  1. Mendalami dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni yang menjadi unsur utama penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Menghasilkan berbagai produk riset yang diperlukan untuk mendorong pembangunan pendidikan nasional.
  3. Mendalami, mengembangkan, dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian sivitas akademika berdasarkan prinsip transparansi, terbuka dan bertanggung jawab.
  4. Membentuk cendekiawan yang berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat, menguasai keilmuannya dan mampu menerapkan nilai-nilai pendidikan serta berdaya saing tinggi.
  5. Turut serta membangun masyarakat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan makmur serta mendapat ridho Allah SWT.

Sasaran Mutu Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah:

  1. Menyelaraskan jumlah hasil penelitian dengan jumlah dosen di Universitas Indraprasta PGRI.
  2. Memotivasi dosen untuk mendapatkan dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari luar Universitas Indraprasta PGRI, terutama dana hibah DP2M-DIKTI serta pihak-pihak lain.
  3. Mendorong dosen untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan jurnal internasional.
  4. Melatih dan memfasilitasi dosen untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan atau pengabdian kepada masyarakat.
  5. Mengadakan kompetisi internal Universitas Indraprasta PGRI, untuk pelaksanaan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara terprogram dan berkelanjutan.
  6. Menerbitkan jurnal ilmiah sebagai wadah para dosen mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  7. Mendorong dosen untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam kegiatan seminar nasional dan atau seminar internasional.
  8. Merancang dan melaksanakan kegiatan penelitian, terutama penelitian unggulan Universitas yang didukung fasilitas penunjang yang memadai.